Ticker

6/recent/ticker-posts

Apa yang Dimaksud dengan Desa?

 


Sahabat, tahukah kalian apa yang dimaksud dengan desa? Dengan redaksi lain, tahukah kalian apa pengertian desa? Atau apa definisi dari desa?

Nah, dalam artikel ini, admin akan memberitahu kalian tentang apa itu pengertian desa. Siapa tahu, ada yang belum tahu. Bagi yang sudah tahu, skip aja artikel ini, atau kalau ingin beri masukan juga boleh.

Dalam Wikipedia, desa atau disebut juga udik, didefinisikam sebagai sebuah aglomerasi permukiman di area perdesaan (rural). Bingung ya? Hehe...

Tadi kita membaca istilah aglomerasi dan rural. Mungkin ada yang bertanya, apa itu aglomerasi dan rural?

Baik, admin tidak akan membiarkan kalian kebingungan, karena kalau kalian tetap bingung, pastinya definisi tadi menjadi tidak bermakna.

Apa itu aglomerasi? Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), aglomerasi adalah pengumpulan atau pemusatan di lokasi tertentu. Misalnya, pengumpulan orang-orang di suatu tempat. Nah, di desa kita bisa melihat sendiri bahwa di sana ada pengumpulan atau pemusatan penduduk di suatu wilayah, sebut saja wilayah A yang kemudian dikenal dengan Desa A karena di sana ada permukiman penduduk.

Bagaimana, apa kalian sudah paham dengan pengertian aglomerasi? Pasti sudah, ya?

Sekarang apa itu rural? Nah, rural ini tidak dalam KBBI. Rural berasal dari bahasa Inggris yang bermakna pedesaan.

Jadi, kesimpulannya, desa adalah sebuah tempat di mana di sana terjadi pengumpulan dan pemusatan orang-orang yang bermukim (menetap) pada satu wilayah tertentu.

Kemudian, dalam aspek administratif, desa adalah wilayah pemukiman yang dipimpin oleh seorang kepala desa dan berada di bawah wilayah kecamatan.

Di beberapa tempat, sebuah desa adalah kumpulan dari beberapa unit permukiman kecil yang disebut kampung atau dusun.

Sejak diberlakukannya otonomi daerah istilah desa bisa disebut dengan nama lain sesuai bahasa daerah masing-masing, misalnya di Sumatera Barat disebut dengan istilah nagari dan di Aceh dengan istilahgampong.

Nah, bagaimana sahabat, sudah pahamkan apa itu pengertian desa?


Ilustrasi: Property Reporter

Posting Komentar

0 Komentar