Ticker

6/recent/ticker-posts

Gampong Cot Bada Baroh Gelar Maulid


Gampong Cot Bada Baroh Kecamatan Peusangan Kabupaten Bireuen, menggelar Maulid Nabi pada hari Minggu (29/11) di meunasah gampong. 

Kegiatan maulid kali ini terbilang meriah dan dihadiri sejumlah tamu dari gampong sekitar. Masyarakat juga terlihat sangat antusias dalam merayakan maulid tahun ini. 





"Maulid tahun ini lumayan meriah dibanding tahun-tahun sebelumnya," kata Keuchik Gampong Cot Bada Baroh, Rahmatul Hadi, S. Pd. I.

Acara maulid berlangsung dari pagi sampai menjelang siang. Terlihat para tamu menikmati hidangan di bawah tenda yang disediakan panitia. Tidak hanya orang dewasa, anak-anak juga terlihat ikut meramaikan maulid sambil mendengarkan dike (zikir) dari para santri dayah.



Pembiayaan maulid seperti disampaikan keuchik, berasal dari sumbangan masyarakat setempat dan juga sumbangan aparatur. Masyarakat Gampong Cot Bada Baroh terlihat membawa sejumlah makanan ke menasah untuk dihidangkan kepada para tamu. 

"Dalam acara maulid tahun ini berbeda dengan tahun tahun  sebelumnya, di mana pemerintah dan perangkat gampong juga memberikan sumbangan untuk pembelian daging sapi yang dihidangkan sebagai menu tambahan, selain dari menu yang dibawa oleh masyarakat. Bahkan grup zikir pun selain dari group zikir dayah gampong juga kita ambil dari luar yaitu dari kecamatan jangka," tambah keuchik. 

Dalam acara maulid kemarin juga dilakukan pembagian sumbangan kepada sejumlah anak yatim. Sumbangan ini berasal dari salah seorang warga Cot Bada Baroh yang saat ini menetap di Jakarta.

"Kemarin kita juga membagikan sumbangan alakadar kepada anak yatim," lanjut keuchik yang akrab disapa Rahmat. 




Acara kemarin dilanjutkan dengan ceramah pada malam hari yang diisi oleh penceramah dari Kuta Krueng.

"Semoga dengan ada acara seperti ini kita tidak saja mengingat kelahiran Nabi tapi juga bisa menerapkan akhlak yang diajarkan Nabi dalam kehidupan sehari-hari," tutup keuchik. 

Posting Komentar

0 Komentar