Ticker

6/recent/ticker-posts

Apa Saja Ciri-Ciri Desa Maju?

 


Halo sahabat Gampong, tahukah kalian ciri-ciri desa maju? Apa saja yang harus terpenuhi agar desa bisa maju?

Nah, dalam artikel kali ini gampongcotbadabaroh.blogspot.com akan berbagi informasi tentang ciri-ciri desa maju. Semoga saja, setelah membaca artikel ini sahabat Gampong paham apa yang dimaksud dengan desa maju. 

Menurut Wakil Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi (Wamendes PDTT), Budi Arie Setiadi, ada tiga ciri desa yang berpotensi menjadi desa maju.

Pertama, masih adanya anak muda yang bertahan di desa.

Poin ini adalah poin pertama yang tentunya sangat penting bagi terciptanya desa maju. Artinya, tanpa adanya anak muda yang bertahan dan menetap di desa, tentunya sangat sulit melahirkan desa maju. 

Hal ini disebabkan karena pemuda adalah penggerak utama kemajuan desa dengan berbagai usaha dan kreativitasnya. Pemuda-pemuda kreatif yang bertahan di desa ini nantinya akan menjadi "bidan" untuk melahirkan desa maju. 

Karena itu, para pemuda tetaplah bertahan di desa agar desa kalian bisa maju. Pengabdian kalian terhadap desa tentu sangat diharapkan oleh masyarakat. Lagi pula, apa ruginya membangun desa tempat kalian dilahirkan dan dibesarkan. Ya, kan? 

Kedua, SDM yang kreatif dan inovatif.

Poin kedua ini sebenarnya adalah turunan dari point pertama. Artinya pemuda-pemuda yang bertahan di desa harus kreatif dan inovatif. Tanpa kreativitas dan inovasi pastinya harapan melahirkan desa maju tidak akan tercapai.

Kreativitas dan inovasi itu sendiri sangat luas. Bagi kalian, khususnya lulusan perguruan tinggi agar mampu menciptakan kreativitas di desa kalian masing-masing. 

Sebagai contoh, kalian yang ahli di bidang perikanan misalnya, bisa membuat pelatihan kepada para nelayan di desa kalian agar taraf perekonomian mereka bisa meningkat. 

Atau bagi kalian yang ahli pertanian, juga bisa mendidik para petani tentang dunia pertanian sehingga tidak ada lahan menganggur di desa dan semuanya menjadi produktif. 

Jadi, dengan adanya sumber daya manusia yang mumpuni yang ditopang oleh sumber daya alam, maka cepat atau lambat harapan desa maju akan segera tercapai. Mudah, bukan? 

Ketiga, partisipasi warga desa. 

Poin ini sebagai poin terakhir juga tidak kalah pentingnya dengan dua poin di atas. 

Partisipasi warga dalam pembangunan desa sangat dibutuhkan bagi terciptanya desa maju. Partisipasi ini bisa berupa keaktifan dalam kegiatan-kegiatan desa, gotong-royong dan juga kegiatan sosial. 

Partisipasi lainnya adalah dengan mendukung setiap langkah pembangunan yang dijalankan kepala desa dan aparat desa sambil melakukan pengawasan. 

Nah, apabila tiga poin di atas terlaksana dengan baik, maka melahirkan desa maju bukanlah mimpi. 

Bagaimana? Sudah tahu apa saja ciri-ciri desa maju? 

Ilustrasi: Treebo

Posting Komentar

0 Komentar