Ticker

6/recent/ticker-posts

Keadaan Sarana Dan Prasarana Ekonomi


Perekonomian Gampong

Rata-rata penduduk Gampong  Cot Bada blBaroh memiliki profesi sebagai petani, pekebun, peternak dan profesi lainnya yang tidak menentu.

Sebagian besarnya mengharapkan pendapatannya di sektor pertanian, kebun dan peternakan. Masih sangat sedikit yang memiliki pendapatan selain 3 jenis pekerjaan tersebut.

Namun, seiring keluarnya UU Desa, dengan bantuan anggaran yang sangat besar bagi desa-desa di seluruh Indonesia, Gampong  Cot Bada Baroh merasa optimis jika dana tersebut nantinya akan dapat digunakan untuk memperkuat pondasi ekonomi gampong dan warga, khususnya untuk sektor-sektor terapan dalam hal budidaya pertanian, perkebunan dan peternakan di Gampong Cot Bada Baroh.

Kemampuan Keuangan Desa

Kemampuan keuangan Gampong Cot Bada Baroh masih mengandalkan bantuan dari pemerintah, sementara untuk Pendapatan Asli Gampong masih belum memadai.

Bantuan pihak ketiga yang masuk ke Gampong Cot Bada Baroh masih sangat minim sehingga belum memadai untuk membantu pembangunan gampong.

Kedepan, dengan Dana Desa dan Alokasi Dana Gampong yang diperoleh melalui UU Desa, Gampong Cot Bada Baroh berencana untuk memperkuat sektor-sektor yang berpotensi meningkatkan pendapatan asli Gampong.

Prasarana dan Sarana Perekonomian Desa

Sarana Jalan

Jalan gampong yang merupakan akses menuju pusat kota kecamatan sudah memadai dan baik. Sedangkan jalan untuk antar dusun ada yang sudah diaspal dan ada juga yang perlu penanganan serius karena sudah sangat rusak dan memprihatinkan. Apalagi banyak jalan akses pertanian yang belum layak dilalui kendaraan roda empat sehingga mobilisasi hasil pertanian dan perkebunan sangat sulit.

Sarana Pengairan

Saluran yang ada di Gampong Cot Bada Baroh masih belum begitu maksimal, masih banyak tempat yang butuh pembangunan saluran baru serta dibeberapa titik yang butuh perbaikan.

Rencananya Gampong Cot Bada Baroh akan memperbaikinya dengan menggunakan Dana Desa mengingat sektor pertanian dan perkebunan merupakan sektor unggulan di Gampong Cot Bada Baroh dan membutuhkan perhatian khusus agar perekonomian masyarakat bisa berkembang pesat.

Sarana Telekomunikasi dan informasi

Dengan banyaknya alat telekomunikasi yang ada seperti telepon genggam (HP), akses internet membuat komunikasi semakin lancar dan mudah.

Di samping itu sebagian keluarga telah memilki sarana TV, radio, komputer yang menjadikan pengetahuan berkembang semakin cepat.

Saat ini Gampong Cot Bada Baroh juga sudah memiliki website khusus gampong, sehingga semua informasi tentang pengelolaan dan kebijakan gampong bisa diketahui dan diakses oleh masyarakat serta khalayak luas.

Untuk sementara website Gampong Cot Bada Baroh masih menggunakan blog gratisan dengan alamat gampongcotbadabaroh.blogspot.com. Ke depan direncanakan akan membeli domain dan hosting sendiri untuk kesempurnaan website. 

Sarana Perekonomian 

Secara umum, sarana perekonomian Gampong Cot Bada Baroh cukup memadai. Kondisi ini terlihat dari sejumlah sarana yang dimiliki dan dikelola dengan baik oleh warga Gampong Cot bada baroh, di antaranya adalah:

1. Sarana Dagang 

  • Toko/Kios/ Warung: 7 Unit
  • Industri Rumah Tangga: 5 Unit

2. Luas lahan dan Produksi Tanaman Utama 

  • Padi: 80 Ha
  • Lahan garapan: 60 Ha

3. Peternakan 

  1. Kambing: 32 Ekor
  2. Ayam: 350 Ekor
  3. Sapi: 40 Ekor
  4. Bebek: 100  Ekor

Gambaran Umum Sarana Prasarana Umum Gampong

Tabel 5. Gambaran Umum Sarana Prasarana Gampong

Posting Komentar

0 Komentar