Ticker

6/recent/ticker-posts

"Museum Konflik" di Cot Bada Baroh


Pada saat konflik sedang berkecamuk di Aceh, kondisi desa dan kota begitu mencekam. Ada banyak sekali tragedi dan insiden yang terjadi. 

Pertempuran antara pasukan TNI-Polri melawan Gerakan Aceh Merdeka (GAM) terjadi di mana-mana, hampir setiap hari. Korban berjatuhan dari kedua pihak, bahkan masyarakat yang tak bersalah pun menjadi sasaran pertempuran. 

Seperti halnya gampong-gampong lain di Aceh, Gampong Cot Bada Baroh juga merasakan konflik serupa. Saat itu, beberapa warga gampong yang dicurigai sebagai anggota GAM menjadi korban dari konflik yang terjadi. 

Memang tidak ada pertempuran besar di Gampong Cot Bada Baroh, tapi gampong ini kerap kali menjadi jalur lalu lintas pasukan GAM untuk menyeberang ke gampong sebelah, Gampong Pulo Naleung. Karena itu aparat keamanan juga sering keluar masuk gampong ini untuk mencari pasukan GAM. 

Pada sekira tahun 2001, salah satu rumah masyarakat yang terletak di Jalan Masjid Sulu Bayung hangus dibakar oleh aparat keamanan menjelang subuh. Rumah itu dicurigai sebagai salah satu pos anggota GAM. 

Rumah milik almarhum Hanafiah, seorang guru yang dicurigai terlibat GAM itu kini tinggal puing sebagai penanda bahwa konflik pernah singgah di gampong ini. 

Sampai saat ini, rumah tersebut masih berdiri bersama puing dan sisa-sisa tembok yang telah menghitam. Sampai pemiliknya meninggal dunia, rumah ini tidak lagi diperbaiki dan dibiarkan begitu saja. 

Rumah itu adalah salah satu saksi bisu betapa konflik telah menghancurkan semuanya.

Semoga damai tetap abadi!

Video

Posting Komentar

0 Komentar