Ticker

6/recent/ticker-posts

Cot Bada Baroh Gelar Musrenbangdes Perempuan

Gampong Cot Bada Baroh Kecamatan Peusangan Kabupaten Bireuen menggelar Musrenbangdes pada Rabu, 23 Desember 2020 untuk Tahun Anggaran 2021. Musrenbang kali ini khusus untuk perempuan .

Acara tersebut turut dihadiri Camat Peusangan yang diwakili oleh Sekcam dan juga pendamping kecamatan dan lokal gampong beserta Mukim Kemukiman Cot Bada.

Acara diawali dengan pembacaan ayat suci Al-Qur'an. Pembukaan Musrenbang dilakukan oleh Ketua Tuha Peut, Drs. Bakhtiar Hasyim.

Keuchik Cot Bada Baroh dalam sambutannya mengatakan, "Musrenbangdes ini adalah forum penyampaian aspirasi, di sinilah kita sampaikan segala kebutuhan pembangunan, baik pembangunan fisik, ekonomi, kesehatan maupun pembangunan SDM."

Keuchik juga menyampaikan kegiatan Hari ini dikhususkan untuk perempuan, karena  mereka juga punya hak dalam penyampaian aspirasi  atas Anggaran dana desa, sedangkan kaum laki laki telah melakukan penjaringan aspirasi di musyawarah umum yang dilakukan pada malam hari beberapa minggu sebelumnya.

"Dana Desa ini milik masyarakat, bukan milik keuchik dan bukan pula milik segilintir orang, makanya kita tiap tahun melakukan musyawarah umum baik laki laki maupun perempuan," lanjut keuchik Rahmatul Hadi yang akrap disapa Agi. 

Musrembgdes kali inj melahirkan program-program prioritas untuk TA 2021, sebagai berikut:

  1. BLT (Bantuan langsung tunai)
  2. Penyertaan modal BUMG
  3. Lanjutan PDAM
  4. Rehab Rumah
  5. Jambanisasi
  6. Peningkatan kapasitas Perangkat Gampong
  7. Pengadaan WiFi di kantor Keuchik.

Selain itu juga direncanakan pembangunan kebutuhan lembaga gampong, seperti Posyandu, BKB, Posyandu lansia, PKK dan Kepemudaan.

"Semua program tersebut akan kita realisasikan dan akan kita kondisikan sesuai dana yang ada. Apabila tidak tercapai semuanya maka akan kita usul kembali di Musrenbangdes 2022," tutup Keuchik Agi.

Posting Komentar

0 Komentar